• Recipes Chocolate Pralines

    Chocolate Pralines combine the crumbly, nutty taste of classic pralines with rich semi-sweet chocolate. ...

  • RESEP DAGING GULUNG

    Bahan : * 300 gr daging sapi has dalam * 100 gr lobak * 2 sdm mentega, untuk menumis. ...

  • PINEAPPLE-ORANGE SUNSHINE CAKE

    In a large bowl, mix together all of the frosting ingredients until well blended. Spread over cake. Store in the refrigerator.. ...

  • Rempeyek Kacang

    Bahan: * 400 gr tepung beras * ½ sendok makan tapioka * ½ kg kacang tanah dikupas dan dibelah 2 * 4 buah bawang putih. ...

  • Recipes Red fruit salad with mint syrup

    Enjoy this refreshing dessert that doesn't take forever to prepare and goes down a treat with guests. . ...

Monday, November 15, 2010

Angkak - Bumbu Masakan Cina


Angkak adalah bumbu masak yang sering di pakai dalam masakan Cina. Terbuat dari beras ketan yang difermentasikan dan dikeringkan sehingga warnanya berubah menjadi merah. Di pasaran terdapat dua jenis angkak, yaitu yang dijual dalam keadaan basah dan kering.

Di dalam masakan, Fungsi angkak, memberikan warna merah alami pada masakan daging, ayam maupun ikan, terutama masakan yang dipanggang. Aroma masakan juga menjadi lebih segar dan lezat.  Angkak basah cocok sebagai bumbu tumis tahu maupun sayuran. Penggunaan angkak basah bisa langsung dimasak dengan aneka tumisan. Sedangkan yang kering bisa di gunakan utuh maupun dihaluskan dengan bumbu-bumbu yang lain. Budi Sutomo.
   
Angkak

Bahan:
Beras ketan 150 g, cuci bersih
Biang/ragi Monascus angka atau Monascus purpureus 1 sdt
Air 250 ml
Cara Membuat:
  1. Didihkan air, masukkan beras, masak hingga cairan terserap habis, angkat. Kukus beras hingga matang. Angkat, dinginkan.
  2. Taburi nasi dengan ragi, aduk rata. Masukkan beras beragi ke dalam tempat bertutup.
  3. Fermentasikan selama tiga hari hingga timbul gelembung-gelembung dan beras menjadi berwarna merah. Keringkan/jemur hingga kering. Kemas angkak dalam wadah tertutup rapat. Angkak siap digunakan.
Untuk 150 g

Categories:

0 komentar:

Post a Comment